10 hari pertama: Azka Menyambut Ramadhan

Ramadhan bulan paling dirindukan semua umat muslim. termasuk Saya dan keluarga. Bagaimana tidak, bulan ini cuma datang sekali dalam setahun, bulan ini sangat teramat special, segala pintu ampunan dibukakan, pahala ibadah dilipatgandakan, sungguh Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Hanya orang-orang yang merugi yang tidak merindukan bulan ini, yang tidak menggunakan moment ramadhan yang hanya sebulan dengan sebaik-baiknya dalam beribadah, semoga kami bukan termasuk ke dalam orang-orang yang merugi tersebut. aamiin…

Sudah berniat dan bertekad bulan ramadhan kali ini ibadahnya harus pol-polan, ingin lebih banyak mendapat berkah Allah, dan mendapatkan malam Lailatul Qodar. Azka juga sudah masuk usia 3 tahun, jadi sudah bisa diajak berkegiatan ramadhan. Inginnya membiasakan ikut sahur dan taraweh juga, hanya saja kalau puasa belum bisa, karena Azka ini tipe anak yang masih susah menahan lapar, bisa 1 jam sekali dia minta makan… 😀

Sudah simpan link dan save beberapa kegiatan untuk dilakukan bersama-sama Azka selama ramadhan, saya ingin sekali Azka menjadi lelaki yang mencintai dan selalu merindukan bulan Ramadhan. Masuk bulan sya’ban saya sudah sounding dan memberi pengertian ke dia kalau sebentar lagi bulan Ramadhan atau bulan Puasa datang. bulan dimana kalo kita berdoa dan berbuat baik akan dapat lebih banyak hadiah n makin disayang Allah, belajar sabar dan menahan marah, menahan lapar dan haus, Azka akan makin dicintai Allah, itu yang tiap hari saya sampaikan ke Azka. Walopun kadang dengerin, kadang sambil larian, saya yakin Azka mengerti.

IMG_2056

worksheet n printable ramadhan activitiesnya Azka

Malam 1 Ramadhan seperti biasa sholat taraweh berjamaah di rumah Mama, kenapa di rumah? karena ada Eyangti yang juga ikut sholat taraweh, kasian kalo harus sholat ke masjid, karena sholatnya harus duduk, dan supaya lebih fleksibel karena ada Azka. Malam pertama taraweh Azka belum bisa diajak negosiasi, diajak wudlu nangis, alhasil ga mau solat, tapi minta duduk sambil main busy bag deket tempat saya sholat.

Selesai sholat saya ajak dia membuat ‘Welcoming Ramadhan” untuk dipasang di dinding rumah. Simple aja untuk menyambut ramadhan yang luar biasa. saya print huruf2 “Ramadhan Mubarak”, gambar bulan dan bintang. Azka saya temani mewarnai huruf2 dengan spidol. Sambil ngajari Azka supaya bisa mewarnai di bidang tertentu, selama ini masih random. setelah itu digunting lalu ditempel diatas kerta kokoru, lalu digantung di dinding. Jadi deh… Azka seneng bgt, Azka said, “ramadhan mau dataaaannngg…” dengan wajah suka cita.

 

IMG_2057

IMG_2060

“Ramadhan Mubarak”

Azka nggak ikut sahur pertama, jam 11 baru tidur, Papanya ngajak tidur dan dikasi tau nanti ikut sahur ya, makan, katanya Azka sudah makan, hihihi.. akhirnya pas dibangunin sahur malah nggak bangun-bangun. Ya sudah masih dimaklumi, yang terpenting selalu memberi pengertian dan mengajarkan ke Azka ibadah yang dilakukan selama ramadhan itu apa saja dan manfaatnya apa.

Ramadhan hari pertama saya ajak Azka membuat Hand print nya Rukun Islam (5 Pillars of Islam). Bahan yang disiapkan cuma tepung, air dan pewarna makanan untuk membuat Homemade Paint, kertas gambar, kuas, dan printable 5 pillars of Islam yang udah digunting kecil2. Azka melukis tangannya sendiri, excited banget dia, dia milih warna Blue. trus sambil diajak menempel printable nya, dijelasin kembali apa yang termasuk rukun Islam. sambil menyusun puzzle rukun islam dari Little Muslim Busy Bag El Hana. Puzzle rukun islam ini bagian favorit Azka dari rangkaian little muslim busy bag. Seruuuu bangeeett… ^_^ (Ide handprint Pillars of Islam dari Karimascraft.com) 

  

i painted my face… oopss… 😀

IMG_2123

 

look our hand… ^_^

 

my face is so blueee… ^^


Malam abis taraweh, saya ajak dia membaca Al Quran dengan bantuan kartu. Saya print kartu tentang Al Quran, di kartu tersebut ada keterangan referensi Surat, yaitu surat Al Baqarah ayat 2, bahwa Al Quran merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Sambil saya bacakan dari Al Quran. Lalu saya ceritakan Azka bahwa Al Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT, yang dibawa Malaikat Jibril saat Nabi Muhammad mengasingkan diri di Gua Hira, dengan ayat pertama dari Surat Al Alaq, ayat 1-5. “Iqro’… (bacalah)”, Malaikat Jibril berkata. Azka mendengarkan dengan seksama. Referensinya dapat dari buku Muhammad Tauladanku dan parenthoodmuslimstyle.com. Masya Allah, suka banget deh, karena orangtua juga sambil belajar. Jazakillah khairan katsir buat yang bikin web dan printable nya… ^_^

harus selalu diulang-ulang, supaya tertanam dalam ingatannya dan hatinya, konsep2 aqidah n tauhid, insya Allah jadi anak sholeh ya…

Marhaban Yaa Ramadhan…

IMG_2140

IMG_2139

IMG_2155

 

Leave a comment